Urutan dalam Rekaman Album

Wah pasti sobat Fxpiano sudah banyak yang mulai ingin berencana membuat album untuk band atau karya solonya yah. Kali ini kita akan bahas urutan dalam rekaman album. Rekaman album akan memerlukan banyak tenaga dan pikiran, serta yang paling utama adalah waktu. Pembuatan album memerlukan proses panjang yang tidak instant. Semakin detail prosesnya akan semkin baik. Uturan rekaman album perlu ditentukan secara berurutan supaya dalam proses pembuatannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bahkan malah dalam proses pembuatannya malah mandek tidak dilanjutkan karena ditengah jalan semua terasa tidak berurutan.

Urutan pertama dalam rekaman album adalah matangkan semua materi lagu di studio satu per satu

Matangkan materi di studio sebelum merekam album

Konsep mengenai makna album sudah ditentukan dan jumlah track juga sudah ditentukan. Semua materi perlu dimatangkan satu per-satu didalam studio. Jangan lupa juga membuat rekaman versi live dengan recorder atau juga misa langsung live dari mixer studio. Supaya kita dapat melakukan evaluasi terhadap setiap materi lagu yang ada. Harapannya kedepan tidak ada revisi lagu terutama pada saat rekaman, karena hal tersebut dapat mengganggu proses jalannya rekaman album.

Mulai urutan rekaman album dengan membuat guide track dengan menggunakan gitar

Urutan merekam album
Buat guide lagu saat rekaman dengan gitar

Nah, saat kita sudah mulai booking studio atau kalau ingin lebih mudah sobat Fxpiano bisa rekaman album musik dengan home recording sendiri. Buat list tiap lagu dan instrumen apa saja yang perlu di take atau direkam. Lakukan ceklis pada setiap instrument yang selesai direkam supaya kita dapat mengontrol setiap lagu sudah terekam sesuai dengan materi yang telah dibuat.

Mulailah dengan membuat guide track dengan menggunakan gitar, menentukan tempo yang sesuai pada DAW lalu rekam part ryhtm gitar untuk mengetahui bagaimana pola dari lagu yang kita buat. Setidaknya kita akan tahu dari awal sampai akhir komposisi materi lagu akan seperti apa. Selanjutnya, barulah siapkan karakter distorsi atau sound dari instrumen gitar yang akan digunakan dalam membuat album musik sesuai dengan genre yang diinginkan.

Take drum secara live atau menggunakan MIDI untuk Rekaman Album

Untuk part drum, seharusnya akan lebih terasa humanize jika kita melakuan take drum secara live. Namun terkadang karena memerlukan biaya yang lebih, kita bisa menginput drum menggunakan MIDI VST Drum di DAW. Dalam pembuatannya perlu menggunakan guide drum yang baik, atua menggunakan drumpad sehingga mempermudah dalam pembuatan MIDI Drum yang apik dan juga rapih sesuai materi lagu. Sesuaikan karakter drum dengan genre yang dibawakan, mulai dari jenis kit yang dipilih dan juga tone drum harus disesuaikan.

Setelah itu, rekam instrumen  lain seperti gitar, bass, dan keys

Jika part drum sudah selesai, saatnya kita melakuan urutan selanjutnya dalam merekam album, yaitu merekam instrumen lain seperti gitar, bass, dan keyboard serta instrument lain jika ada. Karakter sound dari instrument ini sangat perlu disesuaikan dengan genre. Pastikan juga alat instrument yang digunakan dalam kondisi yang prima, seperti misalkan gitar dan bass, pastikan kondisi senar merupakan senar yang masih baru atau minimal memiliki gain dan tone yang clear atau jelas. Pastikan karakter gitar dan bass juga memiliki gain dan tone yang sesuai dengan genre. Jangan sampai sudah melakuan rekaman album namun baru sadar jika karakter gitar dan bass kurang cocok. Hal ini akan merepotkan saat melakukan mixing.

Setelah semua instrument selesai, urutan rekaman album yang paling vital adalah vokal

Merekam vokal untuk pembuatan album

Bagian paling penting dalam rekaman album adalah merekam vokal. Kadang kita malah memforsir take vokal dengan memaksa harus selesai satu hari satu lagu. Hal tersebut malah membuat hasil vokal menjadi kurang maksimal, karena dalam proses pengambilan vokal, diperlukan kondisi yang sangat prima supaya tidak terjadi miss note pada vokal. Karakter power vokal juga harus terus terjaga supaya hasil dari setiap lagu tidak menghasilkan karakter yang berbeda. Biarkan sang vokalis melakukan rekaman vokal sesuai dengan batas kemampuannya, tidak perlu memaksakan dari pada lagu malah menjadi berantakan karena vokal yang kurang.

Yang terakhir, lakukan proses mixing dan mastering dengan matang dan detail

Mixing dan Mastering lagu dengan detail

Yup bagian terakhir yang harus dilakukan dengna penuh kesabaran dan ketelitian. Supaya hasil album memiliki karakter sound yang kuat dan memiliki ciri khas. Proses mixing album dapat memakan waktu yang lama karena perlu melakuan koreksi secara detail satu per satu lagu yang ada di album yang sedang digarap.