Tips Penting Memulai Home Recording II (Ruangan)

Bagian berikutnya untuk memulai home recording adalah mengatur ruangan yang akan kita gunakan. Memang akan memberikan budget lebih, namun bisa kita cicil perlahan dan bisa menggunakan barang-barang yang tak perlu dibeli dengan harga yang mahal jika kita mau memasang dan menyeting sendiri. Kadang kita hanya menggunakan kamar tidur kita untuk menyulapnya menjadi sebuah ruangan recording. Tanpa disadari terkadang struktur dan kondisi ruangan serta posisi akan membuat suara yangn terdengar dari monitor berbeda dan ketika merekam menggunakan microphone juga berbeda.

Perhatikan bentuk ruangan terlebih dahulu untuk memulai home recording

Kondisi ruang home recording yang sederhana yang awalnya kamar biasa

Perhatikan terlebih dahulu ruangan yang akan digunakan sebagai ruang memulai home recording. Tak perlu terlalu luas, setidaknya cukup untuk meja operator, take instrumen maupun vokal dan juga untuk duduk-duduk santai atau tidur (Jangan malah dipake tidur terus tapi). Perhatikan ada jendela atau tidak, jika ada jendela disarankan untuk bisa ditutup. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan AC sebagai penyuplai oksigen diruangan, karena jika menggunakan kipas maka akan menimbulkan suara yang cukup berisik saat rekaman. Tinggi atap ke lantai juga usahakan tidak terlalu tinggi supaya mengurangi efek pantulan.

Atur Posisi Tempat Bekerja (Operator) Home Recording

Atur posisi peralatan dan ruang bekerja sehingga nyaman untuk rekaman

Posisi sangat penting, atur posisi meja operator home recording untuk bekerja pada posisi yang pas ditengah. Gunakan meja sehingga posisi monitor speaker juga rata ditengah-tengah tinggi ruang, tidak terlalu kebawah. Kemudian untuk memulai home recording kita juga perlu menyiapkan sofa untuk bersantai ataupun juga karpet dan juga tempat untuk menyimpan peralatan supaya tidak berserakan. Atur semua peralatan home recording yang dibutuhkan dengan rapih meskipun ruangan yang digunakan adalah ruangan untuk tidur juga ketika istirahat.

Tambahkan Acoustic Treatment untuk ruangan Home Recording

Posisi menempatkan Foam untuk treatment akustik ruang pada home recording

Kita bisa melihat pada gambar diatas mengenai penempatan foam atau busa khusus ruangan home recording atau yang biasa kita lihat di studio-studio rental untuk latihan band atau recording sungguhan. Pastikan bahwa kita dapat menempatkan busa pada tiap sudut menggunakan bahan yang disebut “Bass Trap” yang mempunyai fungsi penyerapan suara low frequency akan lebih dapat diteliti dengan baik.

Bass Trap untuk acoustic treatment Home Recording
Acoustic panel untuk Acousic Treatment Home Recording

Diffusers Acousic Treatment Home Recording

Atur Prioritas memasang acous
Acousic Treatment Home Recording anel di ruangan Home Recording mu !

Bagian penting dalam ruangan yang harus dilakukan treatment untuk memulai home recording
Bagian penting dalam ruangan yang harus dilakukan treatment untuk memulai home recording

Bisa kit alihat pada gambar diatas, ada bagian “Trihedral Corners”, bagian tersebut merupakan bagian pertama yang harus dilapisis dengan bass trap atau semacam acoustic panels, kemudian ada bagian “Dihedral Corners” merupakan bagian kedua yang harus dipasang panel, yaitu pada bagian garis biru tersebut Nah bagian terakhir adalah dinding atau bagian putih didalam kotak biru tersebut. untuk memasang panel foam studio dapat menggunakan konsep pada gambar berikut.

Pola penempatan acoustic panel untuk memulai home recording
Pola penempatan acoustic panel untuk memulai home recording