Tips Penting Memulai Home Recording I (Peralatan)

Sudah banyak yang memulai Home Recording, mulai dari belajar secara otodidak ataupun mencari senior dalam dunia produksi musik. Home recording sangat memungkinkan dilakukan dengan mudah, dengan peralatan rekaman yang terjangkau serta mumpuni, didukung dengan Big Data mengenai dunia home recording yang dapat dengan mudah di akses dalam genggaman. Kadang kita berpikir untuk memulai sepertinya memerlukan begitu banyak budget. Namun budget merupakan aspek yang relatif. Peralatan yang terjangkau tidak mungkin dijual jika hanya menghasilkan kualitas home recording yang buruk. Semua peralatan home recording merupakan alat yang sangat mumpuni untuk memproduksi audio rumahan dengan sangat legit. Memulai home recording harus dimulai dari memiliki alat-alat utama dan juga software atau yang biasa disebut DAW (Digital Audio Production). Memiliki alat tanpa mempelajari DAW tak akan jadi, begitu juga sebaliknya. Berikut adalah hal-hal penting untuk memulai Home Recording

Rencanakan Pembelian Peralatan Memulai Home Recording

Disini kita akan berbicara mengenai peralatan. Dalam merencanakan pembelian peralatan home recording. Kita perlu perhatikan hal-hal apa saja yang perlu dimiliki untuk menghasilkan rekaman yang kita inginkan. Jika kita memiliki budget lebih, tidak ada salahnya langsung membeli dengan lengkap.

PC atau Laptop High End

PC atau Laptop yang akan kkita gunakan untuk memulai Home recording setidaknya termasuk dalam spesifikasi High End. Meski kita memiliki peralatan home recording dengan spesifikasi yang tinggi namun PC atau Laptop tidak mendukung akan menjadi percuma. Sangat disarankan untuk menggunakan PC mengingat life time dari PC lebih baik dibanding dengan komponen pada Laptop. Terutama terkait pengaturan suhu dari kinerja yang akan dilakukan. Namun kita juga dapat menemukan spesifikasi laptop dengan lifetime yang baik untuk bekerja berat dengan aktivitas home recording yang akan memerlukan banyak proses. Harddisk yang digunakan setidaknya lebih dari 500 Gb dengan RAM lebih dari 8 Gb untuk dapat menghindari gangguan teknis saat merekam.

PENTING : Membeli alat recording dengan paket atau “Bundling” kadang memang terlihat sudah lengkap. Kelebihanya memang kita tidak perlu mencari peralatan lain yang sudah termasuk dalam Bundle. Namun kita lebih baik bisa eksplor peralatan lain untuk pengalaman memulai home recording supaya pembelian alat tidak membuat galau.

Alat utama untuk memulai home recording

1. Soundcard atau Audio Interface

Sudah banyak berbagai macam tipe soundcard dari berbagai brand. Semua soundcard akan terasa berbeda pada karakter preamp yang dibuat dan juga fitur dari soundcard. Fitur disini meliputi tampilan soundcard, bonus, jumlah channel, knob, dan sensitifitas serta karakter prosesing yang ada didalam soundcard. Untuk memulai kita perlu membeli soundcard dengan minimal memiliki 2 channel input.

2. Monitor Speaker

Speaker khusus menjadi penting karena akan membuat telinga kita sangat teliti dalam memproses musik. Kadang memang dengan speaker entertaimen juga kita bisa. Tapi tidak ada salahnya jika kita langsung berencana membeli monitor speaker recording karena memiliki kelebihan dalam detali frekuensi suara yang dihasilkan. Perhatikan karakter monitor speaker yang dihasilkan, cari referensi mana yang memang cocok untuk digunakan.

3. Kabel Jack 1/4 dan XLR

Kabel-kabel memang kadang dianggap kecil. Untuk memulai home recording, justru kabel juga menjadi hal yang penting. Kualitas kabel yang biasa saja kadang dapat membuat efek noise dan gain yang buruk yang mengganggu proses dan juga hasil dari rekaman.

4. Gitar, Bass, MIDI Controller

Nah, alat-alat musik ini juga sangat perlu. Setidaknya jika memang tidak perlu membeli, kita bisa meminjam milik teman satu band. Namun alangkah baiknya jika kita memulai home recording. Kita memiliki alat sendiri untuk dapat mengeksplor karakter dan juga teknik bermain yang baik saat recording. Supaya kita juga dapat dengan teliti mengamati permainan dari player yang sedang rekaman. MIDI Controller juga menjadi penting untuk bermain di DAW dalam mengolah musik-musik tambahan melalui plug-in.

5. Microphone Condenser, Stand Mic, Pop Filter

Rekaman vokal akan menjadi sangat penting jika kita ingin memproduksi musik untuk skala band. Microphone memiliki berbagai macam jenis dan karakter. Fxpiano memiliki artikel mengenai microphone yang dapat dicari disini. Menggunakan standmic dan juga shockmount sangat dibutuhkan mengingat condenser sangat peka terhadap getaran sekecil apapun. Fungsi dari pop filter juga dapat di baca disini.

6. Headphone Monitor

Headphone monitor untuk mengoreksi detail dari rekaman sangat menunjang untuk dapat menemukan hal-hal yang masih dirasa kurang ketika proses rekaman. Ada berbagai macam tipe headphone dengan kenyamanan dan karakter detail sound yang dihasilkan. Kita hanya perlu membiasakan telinga kita dengan headphone yang kita miliki, sehingga ketika menjadi operator dapat mengoreksi dengan detail hasil rekaman.