Tips Memilih Microphone Untuk Pertamakali

Tips Memilih Mic ? Penting Kah ?

Semangat berkarya sobat, saatnya kita memberikan tips-tips terbaik terkait produksi musik. Dalam banyak segmen produksi musik, memang ditemukan banyak sekali peralatan atau Equipment yang dibutuhkan. Seringkali dalam menentukan pilihan pertama kali pada saat membeli peralatan, akan merasa bingung dalam memilih. Mulai dari soundcard sampai hal-hal kecil alat dalam recording sangat penting ditentukan dengan baik. Memilih peralatan dengan tepat tidak hanya mempertimbangkan budget, tapi juga spesifikasi dan nilai guna dari peralatan yang akan dibeli, karena peralatan dalam produksi musik merupakan aset atau investasi jangka panjang yang memang sangat berguna. Tips memilih microphone berikut, akan mencoba membantu sobat dalam menentukan pilihan terbaik sesuai nilai guna atau kebutuhan sobat dalam produksi audio. Memilih mic yang tepat dengan fungsi yang tepat, serta fitur-fitur mic yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Kenali jenis-jenis untuk memilih microphone

Memilih microphone perlu memahami jenis-jenis dari microphone, dalam dunia rekaman terdapat 3 jenis microphone, yaitu Dynamic Mic dan Condenser Mic.

Dynamic mic terdiri dari Diafragma (Membran), Voice Coil yang menempel pada diafragma, dan magnet yang mengelilingi coil. Dynamic mic terkenal dengan karakter dengan usia pakai yang lama (awet) dan kemampuan dalam mendapatkan level volume yang tinggi (SPLs). Bekerja pada range frekuensi 5Khz – 10Khz, menghasilkan clarity dan presence yang sangat baik untuk vokal dan instrumen. Microphone jenis ini yang paling populer adalah Shure SM57 dan SM58. Tidak membutuhkan baterai dan alat tambahan seperti phantom power.

Condenser Mic, memilih microphone jenis ini sangatlah penting. Memiliki kapasitor dan diafragma yang lebih luas dan bervariasi dibanding dynamic mic. Karakter yang dihasilkan natural, bersih, dan akurat transparan. Frekuensi yang didapat flat dengan low dan high frekuensi. Memiliki gain yang tinggi dan memerlukan phantom power untuk kebanyakan tipe. Banyak merk yang populer untuk jenis condenser, dari harga yang paling rendah maupun tinggi.

Terdapat sub kategori pada jenis-jenis microphone, diantaranya adalah :

  1. Large Diaphragm Condenser Mics
  2. Small Diaphragm Condenser Mics
  3. Dynamic Mics 
  4. Bass Mics
  5. Ribbon Mics
  6. Multi-Pattern Mics
  7. USB Mics
  8. Boundary Mics
  9. Shotgun Mics

Tentukan akan fokus segmen produksi

Hal ini penting dalam memilih microphone, sesuaikan terlebih dahulu kebutuhan yang akan digunakan. Semisal kita baru memulai home recording, sangat disarankan membeli microphone jenis condenser. Microphone yang dipilih juga bukan yang satu bundle atau paket dengan soundcard, namun terpisah. Banyak sekali merk condenser yang bisa kita pilih dengan karakter yang bagus dibanding condenser satu paket dengan soundcard. Ini bukan berarti microphone condenser satu bundle jelek atau kurang rekomended, tapi lebih baik mencoba membeli terpisah karena mengingat merk yang begitu banyak dan bisa saja kualitas makin bagus. Dalam memilih Microphone condenser, terdapat jenis-jenis diaphragma dan setiap merk memiliki kelebihan masing-masing. Berikut adalah jenis-jenis diafragma yang dapat sobat pilih untuk menyesuaikan segmen produksi.

  1. Cardioid Polar Pattern

Sering digunakan dalam studio rekaman produksi musik dengan karakter yang fokus menangkap suara didepan dan mengurangi noise yang dihasilkan ruang.

  • Hyper/ Supracardioid/ Shotgun Mic

Microphone condenser yang sering digunakan pada media alat perekam video atau untuk produksi skala Televisi.

  • Bidirectional / Figure 8

Biasa digunakan untuk interview di radio ataupun untuk rekaman duo vokal.

  • Omnidirectional

Memiliki pola diafragma yang sangat luas sehingga menghasilkan ambiance dan terkesan roomy, biasanya digunakan untuk live atau recording orchestral.

Perhatikan ruangan yang akan kamu pakai sebelum memilih microphone

Ruangan untuk merekam dengan microphone sangat menentukan hasil

Ruangan yang akan sobat jadikan tempat dalam merekam menggunakan mmicrophone perlu diperhatikan dalam memilih microphone. JIka ruangan hanya berbentuk kamar biasa tanpa treatmen, sangat disarankan untuk bisa mengurangi kebisingan dari luar jika kana menggunakan condenser. Kebisingan dari luar dapat meningkatkan noise pada hasil rekaman yang diambil. Dangat disarankan untuk treatmen ruangan dengan treatmen akustik ruang yang menimbulkan hasil yang baik. Pantulan dalam ruangan juga diperhatikan, terutama feedback suara yang dihasilkan, sekecil apapun itu bisa saja mempengaruhi hasil.

Sesuaikan budget, memilih microphone jangan saat pas-pas an sesuai budget

Berbagai michrophone condenser tersedia di toko musik terdekat sobat

Memilih microphone terkadang kita hanya menyesuaikan budget, namun jika kita bisa menabung untuk mendapatkan yang lebih kenapa tidak. Condenser dengan kualitas yang sangat mantap, dapat didapatkan pada harga yang memang high level price. Berikut akan kami berikan beberapa microphone rekomended yang dapat dibeli dengan range budget tertentu namun kualitas tetap sangat oke.

Jangan lupa, setelah memilih microphone masih ada peralatan lain

Condenser memerlukan shockmount, popfilter, stand sampai kabel yang berkualitas

Nah ini juga sobat, memilih microphone perlu diperhatikan masih ada peralatan lain. Seperti popfilter, stand mic, shockmount, bahkan vocal booth sampai kabel yang diperlukan. Headphone amplifier juga diperlukan untuk monitoring yang nyaman dari vokal dan juga operator.

Akhirnya, gimana sobat? Sudah menentukan memilih microphone seperti apa?

Tidak ada microphone yang sempurna, tapi akan menjadi sempurna jika treatment dengan maksimal dan karakter yang sesuai dengan segmen produksi. Terimakasih sudah membaca tips dari Fxpiano Channel. Jika sobat memerlukan instrumen cover lagu atau Minus one lagu atau cara bermain piano bisa langsung cek di home kami atau channel youtube kami. Semangat berkarya sobat.