Tips Melakukan Mastering saat rekaman

Kali ini kita akan membahas tips untuk melakuan mastering. Mastering merupakan tahap terakhir setelah proses merekam dan mixing selesai. Kita akan mendapatkan hasil dengan kualitas audio standar seperti lagu-lagu komersial yg kita dengarkan setiap hari. Ada beberapa tips mastering rekaman yang perlu kita perhatikan.

Jangan sampai hasil mastering kita hanya sebatas keras saja, perlu tips mastering dalam menghasilkan kualitas audio yang nantinya tidak merubah hasil rekaman atau bahkan malah menjadi semakin buruk.

Jangan Terlalu Banyak Kompresi saat Melakukan Mastering

Kita mulai dari melakukan kompresi pada saat melakukan mastering. Kita akan membutuhkan kompresi pada saat mastering untuk dapat memaksimalkan gain dan membuat gain akan tetap stabil. Kompresi yang perlu dilakukan saat melakukan mastering hanya seperlunya saja namun akan memberikan efek yang baik. Jangan sampai juga kompresi menggunakan plugin Compressor akan membuat beberapa instrument menjadi tidak terdengar.

Jangan fokus untuk mengeraskan suara saja saat melakukan mastering

Tips melakukan mastering berikutnya adalah mengatur suara. Pengaturan suara atau volume mastering jangan sampai fokus hanya terdengar keras saja. Karena kita memerlukan audio yang terdengar jelas (Clean), bukan hanya keras (Loud). Terkadang kita malah fokus mengejar bagaimana caranya audio yang dihasilkan memiliki suara yang keras seperti file-file audio komersial pada umumnya. Padahal untuk mengejar kualitas audio yang keras dan jelas bukan hanya mengatur dari volume dan gain, namun terdapat juga tambahan efek seperti maximizer dan juga enhancer. Fua plugin tersebut penting saat melakuan mastering untuk membuat kualitas audio menjadi terasa lebar, keras, dan bahkan semakiin jelas setelah proses mixing yang baik.

Jangan Merubah kualitas audio terlalu drastis saat melakuan mastering

Ini dia tips melakukan mastering yang penting juga untuk sobat fxpiano. Jangan sampai pada saat kita melakuan mastering, kita malah mengubah kualitas audio terlalu drastis. Terkadang kita merasa hasil mixing masih kurang, sehingga terlalu banyak melaukan treatment pada audio yang sudah siap kita lakukan mastering. Kita memang perlu sedikit melakukan coloring menggunakan multiband equalizer dan juga multiband compressor supaya hasil audio akan terasa memiliki warna dan aura musik yang diinginkan. Jangan sampai terlalu banyak menggunakan multiband equalizer sampai audio hasil mixing menjadi berubah drastis. Jika memang mixing masih belum maksimal, lakukan kembali tahap mixing.

Hasil mixing yang baik menentukan hasil saat melakukan mastering

Ini merupakan tips melakukan mastering yang terkadang sobat fxpiano lupakan. Hasil mastering akan sangat ditentukan oleh hasil mastering yang baik. Terutama pada setingan headroom supaya pada saat mastering dapat dimaksimalkan dengan baik dan suara hasil mastering tidak saling bertabrakan bahkan terasa pecah. Proses mixing setelah semua terdengar jelas dan harmonis, sangat penting dalam menyiapkan headroom. Jangan sampai pada saat melakuan mixing, kita malah membuat hasil rekaman menjadi keras terlebih dahulu, padahal masih ada proses mastering setelah semua instrumen digabungkan dengan baik dan dengan frekuensi yang tidak bertabrakan.