Pengaturan Gain Vokal pada Preamp Soundcard

Pernah berfikir bagaimana cara pengaturan gain knob input pada soundcard atau mixer dengan baik ? atau sekedar yang penting volume maksimal saja. Perlu kita pahami, dalam proses merekam kita akan mengatur Gain vokal pada input channel melalui mixer ataupun preamp pada soundcard. Dari pada makin bingung yuk langsung kita bahas.

Bagaimana cara mengatur gain vokal pada preamp soundcard yang baik ?

Knob pengaturan gain pada vokal saat merekam input

Yang perlu kita perhatikan untuk pengaturan gain vokal pertama adalah terkait level dari suara vokal yang akan direkam. Kita perlu mengetahui bahawa vokal yang akan direkam akan mengeluarkan level suara yang keras atau sedang-sedang saja. Tentu ini akan mempengaruhi bagaimana kita akan memutar knob input gain pada soundcard.

Kedua, kita perlu perhatikan jarak vokal dari mic condenser yang kita gunakan untuk mengatur gain vokal saat merekam. Pastikan jarak pada mic condenser dapat menghasilkan artikulasi yang jelas dan tidak terlalu menimbulkan efek popping pada vokal seperti artikel tentang pop filter.

Apakah harus selalu gain vokal harus selalu terdengar keras ?

Level gain vokal saat input, mixing dan mastering

Nah ini bagian yang paling penting pada pengaturan gain vokal saat rekaman. Kita perlu mengatur knob input gain dan amati level meter pada channel di DAW yang kita gunakan bahwa input yang masuk ada pada kisaran -8 sampai -12 dB. Kita perhatikan dinamika yang paling keras janganlah sampai melebihi batas tersebut, bahkan hingga mencapai titik peak yaitu 0 dB.

Untuk apa kita menyisakan beberapa dB dari peak 0 dB ?

Contoh jangan sampai terjadi peak pada level mater input channel

Kita perlu memahami ada istilah Headroom. Headroom merupakan batas tertinggi dari level audio yang diperbolehkan yaitu tidak melebihi atau mencapai 0 dbFS.

Ingat masih ada tahap mastering yang dapat mengolah pengaturan gain vokal menjadi makin apik !

Kita perlu menyisakan -6 dB untuk masuk ke proses mastering. Untuk dapat mendapatkan -6 dB kita dapat lakukan pada saat proses mixing menggunakan compressor supaya stabil dan juga berbagai efek seperti equalizer dan sebagainya.

Cukup mudah bukan ? pengaturan gain vokal sangat berperan pada hasil mastering yang akan menjadi maksimal jika kita menyisakan headroom dengan pas, tidak terlalu banyak maupun tidak terlalu sedikit. Untuk artikel headroom dapat dibaca pada artikel pada tautan ini.