Membuat Podcast : Sederhana dan Langsung Hits

Membuat podcast? Apa itu?

Halo sobat, barangkali artikel ini dirasa menyimpang ya dari musik. Hmm, tidak juga sebenarnya, karena podcast adalah bagian dari audio production yang memang menjadi concern juga di Fxpiano Channel. Di Indonesia masih menjadi hal yang jarang sekali dibicarakan dikhalayak umum, namun pada tahun 2018 kemarin ternyata Podcast di Indonesia berkembang dengan pesat. Begitu banyak channel-channel podcast yang tersedia diberbagai platform dari podcaster indonesia. Podcast sebenarnya berasal dari kata “Ipod Broadcasting”, terutama di Amerika, Podcast sudah menjadi media yang populer digunakan disana menggantikan media Radio.

Podcast bisa jadi prospek yang besar dalam berkarya di Tahun ini, mengingat perkembangan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan mendengarkan lagu, cukup melalui aplikasi yang tersedia di Smartphone. Kemudahan mengakses musik di berbagai platform audio streaming, akan menjadi peluan baru bagi media Podcast untuk semakin ramai didengarkan oleh masyarakat Indonesia. Untuk cara membuat podcast-pun cukup sederhana, cara membuat podcast tak pelru alat-alat yang rumit dan mahal kok. Untuk membuat podcast cukup hanya dengan rekam edit dan eksport saja melalui DAW. Keliatan mudah? Yap lansung pantai saja yuk cara membuat podcast berikut :

Siapkan Alat Rekaman, terutama Microphone atau alat Perekam !

Untuk memulai cara membuat podcast, kita perlu menyiapkan alat rekaman. Bisa menggunakan Microphone clip on ataupun dynamic, maupun condenser. Untuk membuat podcast yang minimalis, setidaknya kita memerlukan smartphone untuk media penyimpanan merekam lalu ditambah dengan mic clip on. Untuk membuat podcast yang lebih mantap lagi, kita bisa menyiapkan soundcard ditambah dengan condenser. Memang jadi perlu menambah budget untuk equipment, namun worth it jika kita mau membelinya. Selain itu, kita juga bisa menggunakan recorder digital, recorder ini bukan sembarangan lho, contohnya seperti merk ZOOM tipe H1N sudah cukup mumpuni untuk merekam membuat podcast sederhana tapi dengan kualitas yang profesional. Bahkan sobat bisa juga memakai Condenser USB sehingga bisa digunakan tanpa membeli soundcard. Jika tidak mau keluar budget untuk peralatan, sobat bisa menggunakan mic internal smartphone, namun pada proses pascarekaman, perlu dilakukan editing sehingga suara yang dihasilkan akan terdengan profesional. Microphone internal yang direkomendasikan adalah mic dari Iphone.

Berikut beberapa list equipment yang bisa dipilih sesuai budget dan kebutuhan membuat podcast :

  1. Clip On   : Boya M1 (Sekitar Rp. 100.000 – 200.000)
  2. Soundcard   : Focussrite solo (Sekitar Rp. 1.000.000 – 2.000.000)
  3. Condenser    : Samson C01 (Sekitar Rp. 800.000 – 1.000.000)
  4. MIC USB : Alctron UM900 USB (Sekitar Rp. 800.000 – 1.000.000)
  5. Handy Recorder         : Zoom H1N (Sekitar Rp. 1.500.00 – 2.000.000)

Siapkan Konsep atau Materi untuk Membuat Podcast

Konsep dalam cara membuat podcast sangat penting dilakukan. Karena kita perlu memproduksi konten yang menarik dan tidak membosankan dengan durasi yang lumayan panjang. Tentukan terlebih dahulu topik yang akan dibawakan dalam podcast dan tema besar yang dibawakan dalam membuat kanal podcast. Tambahkan gaya atau style dari podcast yang akan dibuat, bisa mencari referensi dari berbagai macam podcast luar negri yang tersedia. Konsep podcast bisa ditulis terlebih dahulu yang diisi dengan berdasarkan riset ataupun opini. Cara membuat podcast sama kok seperti kita akan membuat karya dalam bentuk video dan lagu. Perlu kita konsep dulu dan tentukan gaya yang akan kita bawakan.

Siapkan Bumper atau No Copyright Music  (Instrument) dalam Membuat Podcast!

Nah ini juga akan membuat podcast sobat akan makin hits dan berkesan. Bumper akan sangat menunjang karakter dari podcast yang sobat buat dan menambah nilai profesional dalam produksi. Pembuatan bumper cukup mudah, kita tinggal temukan musik ( No Copyright Music) atau kita buat sendiri musiknya melalui DAW dan instrumen yang kita miliki. Lalu masukan Bumper sebagai bentuk intro dari podcast yang sobat buat. No Copyright Musics sangat banyak tersedia di Internet, kita juga perlu instrumen untuk mengiringi suara konten yang telah kita rekam. Instrumen akan membuat suasana podcast makin asik dan tidak membosankan. Bisa juga dalam cara membuat podcast, bisa kita tambahkan sound effect supaya interaktif dan menarik.

Cara Membuat Podcast Mudah dengan Cubase, tinggal rekam !

Setelah kita merekam suara atau voice dari alat yang kita miliki. Kita masuk pada tahap menggabungkan dan editing dengan menggunakan DAW. Disini kita akan menggunakan cubase, pada dasarnya semua DAW memiliki langkah yang serupa, namun tingga kita membiasakan diri nyaman dengan DAW mana yang cocok untuk kita gunakan.

Kita mulai dengan membuat project baru, dalam Cubase 5.0 kita dapat membuat project baru dengan langkah sebagai berikut

Klik File, New Project
Pilih Empty, Lalu OK

Setelah project baru kita buat, tambahkan Audio Channel Track, kita buat 3 channel track dengan setingan mono. Kita beri nama masing-masing track sesuai dengan gambar dibawah.

Klik kanan pada channel rack disebelah kiri workspace, Lalu pilih Add Audio Track, Pilih Mono.
Atur nama channel dengan klik pada bagian judul channel

Selanjutnya import file rekaman yang telah dibuat, jika kita menggunakan alat perekam Smartphone atau Handy Recorder. Namun, jika kita ingin membuatnya langsung, kita dapat import musik dan bumper terlebih dahulu lalu kita rekam langsung di DAW yang kita gunakan. Rekam menggunakan Condenser dengan soundcard ataupun dengan microphone USB.

Import Audio file, letakan sesuai channel yang telah dibuat
Untuk merekam, dapat menggunakan ikon berwarna merah, lalu untuk memotong track dengan ikon berbentuk gunting. Untuk memindahkan audio track dan menggeser selalu gunakan ikon kursor.

Setelah kita mendapatkan 3 file audio pada 3 channel, kita bisa edit tingkat volume sehingga suara terdengar jelas. Lalu berikan sedikit efek pada suara dengan menggunakan equalizer untuk meraih karakter suara yang jelas. Mengatur volume channel dapat dilakukan melalui mixer dengan menekan tombol F3.

Setelah editing selesai, kita bisa langsung eksport saja podcast yang telah kita buat.

Sebelum Export File, Lakukan hal seperti pada gambar dengan drag kursor pada tabulasi bar / metronome dari angka berapa bar sampai habisnya track (Akan terlihat warna biru seperti pada gambar)
Jika sudah dilakukan pada tahap sebelumnya dan sesuai panjang track podcast, lalu klik FIle, Export, Lalu audio Mixdown
Atur setingan eksport seperti diatas, atau bisa dengan aturan bit rate yang lebih tinggi.

Jika Suah Selesai Membuat Podcast sampai Eksport, Langsung Upload Di Platform Anchor.fm !

Upload Podcast yang telah jadi ke Podcast Hostinger seperti Anchor.fm

Ada banyak platform podcast host untuk bisa kita sebarkan ke berbagai platform audio streaming. Namun kami menyarankan sobat memakai Anchor.fm, disni selain kita mudah dalam mengupload file podcast, kita juga dapat secara otomatis dan praktik menghubungkan dan menyediakan channel podcast kita ke berbagai audio streamer seperti Spotify, Google Podcast dll.

Akhirnya setelah melalui alur yang cukup agak panjang namun sederhana jika kita amati. Cara membuat podcast sudah kita lewati dengan baik. Semoga dapat membantu sobat Fxpiano dalam berkarya terutama membuat podcast. Jika membutuhkan instrumen bisa pakai track dari Fxpiano Channel sobat !. Mari terus produktif berkarya dan be positive !. Jika ada pertanyaan langsung tanyakan saja kepada kami terkait produksi atau jika ada masukan konten yang akan kita bahas di Diary Fxpiano Channel. Sampai jumpa di artikel selanjutnya !.