Memahami Mixer Digital Pada Cubase

Sempat bingung bagaimana cara memahami mixer digital pada cubase ? Sobat Fxpiano pasti sudah banyak belajar dari artikel yang sudah kita rilis di Dairy Fxpiano dan juga belajar dari referensi luar. Penggunaan mixer pada DAW terutama Cubase yang banyak sobat Fxpiano biasa gunakan, akan mulai dipelajari tidak hanya ketika memasuki proses mixing saja. Tapi juga waktu recording juga sangat perlu kita memahami fungsi-fungsi dan bagaimaan cara menggunakan mixer digital pada cubase. Jangan sampai kita tidak terlalu mengeksplor bagian mixer dalam proses rekaman atau mixing, karena banyak sekali fitur yang bermanfaat dan memudahkan kita dalam proses rekaman.

Cara memahami untuk membuka mixer digital cubase

Memahami Mixer Digital Cubase
Memahami Tampilan Mixer digital Cubase 10. Lebih banyak fitur lagi dari cubase sebelumnya.

Mixer dapat dibuka dengan cara yang berbeda, klik ikon Mixer di Toolbar, menekan F3, atau dengan mengklik tombol Mixer di panel Perangkat. Shortcut untuk membuka mixer adalah dengan menekan tombol F3 pada keyboard. Hal pertama yang akan terlihat dari mixer yang dibuka adalah Track dan Channel. Mixer Cubase akan menunjukan channel yang sedang digunakan. Ini termasuk Audio, MIDI, Return Channel,channel Instrumen VST, Instrument channel, reWire Channel dan Group Channel. Urutan kemunculan mereka mencerminkan posisi mereka pada Daftar Track Proyek, kita dapat mengatur ulang susunan track melalui mixer dengan mudah.

Mengamati input dan ouput pada mixer cubase

Channel Input dan Output akan terlihat pada mixer cubase. Posisi dari channel ini biasanya untuk input akan berada di sebelah kiri dan output terdapat dibagian sebelah kanan. Hal ini akan memudahkan kita dalam proses rekaman untuk dapat mengamati berapa level yang masuk dan keluar dengan mudah.

Fitur Extended pada mixer cubase

Posisi icon untuk extend mixer

Saat menggunakan mixer cubase, kita akan sering menggunakan fitur pada beberapa bagian saja. Namun sebenarnya, kita dapat mengubah mode mixer ke mode extended sehingga mixer akan terlihat leibh kompleks lagi. Untuk tampilan mode normal, kita hanya akan mendapatkan tampilan awal saat memubka mixer dan merupakan tampilan yang sederhana. Mode normal akan terlihat adanya Fader, Pan, Channel dan output. Extended view akan memberikan tampilan tambahan yang akan membuat mixer terlihat lebih kompleks lagi.

Pahami Global Control pada Mixer Cubase yang akan sering kita gunakan

Global Control berada di sebelah kanan dari fader channel mixer digital cubase

Posisi global control pada cubase terlihat disebelah kiri dari Fader setiap channel. Disini akan terdapat icon M, S, L, R, W dan seterusnya. Pada bagian global control, ada beberapa bagian yang akan sering kita gunakan dan jangan lupa untuk mengeksplor fitur ini. M berfungsi untuk Mute atau mematikan suara dari channel yang akan kita gunakan. Ini sering digunakan jika kita akan mengamati pengaruh channel tersebut dari keseluruhan track. S berfungsi untuk mode solo, yaitu kita akan mendengar satu channel track yang kita inginkan saja atau beberapa untuk melohat detail kombinasi channel yang kita inginkan. Kemudian control yang penting lainnya adalah icon ā€˜eā€™, ini merupakan bagian untuk membuka satu channel dengan pengaturan penuh, mulai dari mixer channel sampai plugin. Terdapat icon speaker, dimana akan kita gunakan selama rekaman jika kita akan menggunakan VST seperti Preamp simulator. Kita akan mendengar output pada channel secara live saat rekaman menggunakan instrument yang merupakan hasil olahan dari VST Preamp Simulator yang kita gunakan pada channel.

Eksplor fitur-fitur lainnya

Nah yang paling penting  untuk sobat Fxpiano, lebih baik mencoba untuk mengklik apapun yang ada di mixer digital pada cubase untuk dapat lebih memahaminya, kita akan bahas cara menggunakan mixer selanjutnya untuk yang lebih spesifik saat rekaman untuk memudahkan sobat dalam merekam dan mempelajari dunia home recording.