Langkah Membuat Album Musik

Setiap musisi pasti identik dengan menghasilkan sebuah karya, tapi terkadang juga banyak musisi yang memang hanya suka perform saja atau malah hanya terjebak dengan perform yang begitu-begitu saja. Sebagai seorang musisi pasti seringkali bermimpi untuk dapat membuat sebuah album. Membuat Album Musik haruslah menjadi impian setiap musisi, karena dari sana lah akan menjadi sejarah hidup bagi musisi tersebut. Dalam pembuatannya, kita perlu memahami tahapan-tahapan secara sederhana terlebih dahulu sebelum kita akan bahas cara merencanakan pembuatan album untuk band dengan detail dan strategis, supaya sobat Fxpiano bisa menghasilkan album dengan lancar dan hasil karyanya bisa diterima oleh banyak orang. Kali ini kita akan bahas sebenarnya apa saja persiapan sebelum memulai membuat album musik.

Buat album sesuai dengan keresahan atau hal apa yang ingin disampaikan sesuai genre

Genre band sesuai dengan konsep dalam membuat album musik

Hal ini menjadi sangat dasar dalam pembuatan sebuah album, karena sebuah karya musik pasti memiliki makna yang ingin disampaikan oleh msusi. Mulai dari segi musik yang disajikan hingga lirik bahkan penampilan yang akan dibawakan. Suasana dalam album akan sangat mendukung makna yang akan disampaikan kepada pendengar oleh musisi yang sudah dirancang sesuai dengan ituisi yang dimiliki. Kita juga perlu pahami dalam pembuatan album pasti saja memiliki jalan buntuk dalam merancang makna dari keresahan dalam diri dan juga hal yang ingin disampaikan. Pembuatan album dengan sepenuh jiwa akan semakin menyentuh pendengar dan akan dinilai memiliki rasa yang kuat dalam penyampaian makna lagu yang terkandung dalam album.

Genre musik yang akan kita bawakan juga akan menentukan makna apa yang akan kita sampaikan dari karya album musik yang kita buat. Jangan sampai salah sambung dengan genre yang tidak sesuai dengan hal yang akan disampaikan. Karakter genre akan semakin memperkuat makna yang akan disampaikan dari album musik yang dibuat. Jadi, yang paling penting kita tanyakan diawal sebelum meulai membuat album sendiri atau bersama teman-teman band sobat Fxpiano adalah terkait hal apa yang ingin disampaikan dari lagu yang terkandung dalam album beserta penampiloannya juga.

Tentukan tim produksi album musik

Menentukan tim untuk produksi album musik

Kita tidak akan mampu memproduksi album sendiri, karena kita akan membutuhkan berbagai macam kemampuan profesional tidak hanya dibidang musik saja, tapi mulai dari desain, photo, sound engineer, video bahkan marketin guntuk dapa memasarkan album nantinya. Engagement dengan pendengar nantinya juga perlu dipikirkan dalam tim produksi pembuatan album musik. Upayakan tim merupakan tim yang solid dan memang mau berkembang dan belajar bersama untukdapat merealisasikan album dengan matang dan berkelanjutan. Tidak ingin kan sobat Fxpiano hanya sekali saja amembuat album.

Konsep dari materi lagu sampai fisik album

Setelah kita memiliki tim produksi album dan juga pembagian jatah pekerjaan atau jobdesc. Konsep album perlu dibahas bersama-sama sehingga tim memiliki satu pemahaman yang sama terutama personil jika sobat ingin membuat album munsik untuk sebuah band. Konsep yang paling penting utama ditentukan dalam tim inti adalah bentuk fisik dari album apakah mau sampai dicetak dalam bentuk fisik CD atau digital EP dalam platform-platform musik. Seperti yang kita tahu sudah banyak platform-platform musik yang dengan mudah dapat membantu kita untuk dapat menyebarkan karya sebuah lagu ataupun album yang telah dibuat. Tentukan juga apakah tim akan melaunching debut single album sebagai promosi atau bahkan pembuatan video klip untuk promosi.

Memulai rekaman track untuk album musik dengan timeline yang rapih

Memulai rekaman di studio setelah materi matang

Dalam proses pembuatan album kita memerlukan timeline yang rapih. Karena tim akan bekerja dengan rapih sesuai timeline dan target jadi dari album musik akan selesai dengan rencana. Yang paling penting dalah dalam pembuatan lagu dan juga merekam album di studio, karena hal ini akan membutuhkan waktu yang lama. Dalam pembuatannya di dalam studio kita perlu memikirkanberapa lama waktu yang diperlikan dalam merekam lagu. Terutama dalam merelkam vokal kita perlu memahami kapasitas dari vokalis, karena jangan sampai terlalu lebur dalam merekam vokal sehingga akan mengakibatkan biokal menjadi kurang maksimal. Dan sekali lagi, salam merekam album jangan terburu-buru. Hasil yang baik didapat dari proses yang baik dan sempurna dan tidak terburu-buru dalam pembuatanya.