Fungsi Pop Filter Pada Hasil Rekaman Vokal

Halo sobat !

Sudah paham dengan fungsi pop filter ?

Pada saat rekaman, kita pasti menginginkan hasil yang maksimal dengan kualitas standar dan dapat membuat eargasm. Setelah kita memahami berbagai macam teknik yang perlu dipahami dalam rekaman. Kita juga perlu memahami fungsi pop filter pada kualitas vokal yang didapat. Vokal menjadi hal vital pada sebuah lagu, vokal mampu memberikan power dan kesan yang memukau pada sebuah lagu.

Fungsi pop filter pada orang awam biasanya dianggap hal sepele. Namun jika kita perdalam, pop filter menjadi hal yang penting dalam menghasilkan vokal yang berkualitas. Meskipun juga kualitas dari condenser yang dipakai juga sangat mempengaruhi.

Kenapa membutuhkan fungsi pop filter ?

Mic condenser dengan pop filter

Dalam merekam vokal, akan muncul penekanan pada huruf ‘B’ dan ‘P’ yang bersifat memantul. Pop vokal dapat diartikan bunyi letupan dari aksen huruf tersebut sehingga mikrofon menangkap suara yang keras (berlebih). Suara ini dapat mengganggu hasil waveform yang didapat.  Pop filter digunakan untuk mengatasi gangguan suara yang dihasillkan dari efek poping vokal.

Apa pengaruh buruk tanpa pop filter ?

Ada istilah Proximity Effect, dimana efek yang bepengaruh pada microphone akibat suara yang terlalu dekat dengan mic. Hal ini akan memberikan efek peningkatan bass dan respon frekuensi rendah karena sumber frekuensi terlalu dekat. Selain akan menghasilkan suara yang kurang profesional, hal ini juga dapat mempengaruhi kondisi mic. Jika sumber vokal (mulut) terlalu dekat dengan mic dan menghasilkan efek poping, maka dapat membebani preamp dari mic. Tak hanya itu, pengaruh air liur yang sedikit saja keluar dari mulut dan masuk ke bagian mic dapat bersifat karat bahkan korosif dan mecah logam pada mic. Tidak semua mic memiliki reaksi yang sama terhadap Proximity Effect dan air liur yang terpecik dari vokal.

Lalu apa itu fungsi pop filter?

Fungsi pop filter digunakan untuk menghindari hal-hal buruk terhadap mic dan juga hasil yang kurang profesional akibat suara yang didapatkan kurang maksimal. Pop filter mampu mebuat hasil vokal yang bersih dan mempertahankan karakter vokal dengan  baik tanpa desisan yang berlebih. Frekuensi spesifik dapat dihasilkan dapat mengurangi karakter yang terlalu bass dan muddy. Berbagai macam tipe pop filter akan memberikan efek yang berbeda.

Jenis Pop Filter

Metallic

Stedman PS101

Kelebihan dari jenis ini akan membuat frekuensi tinggi akan banyak didapat dan menjadi dominon, memiliki ukuran lebih kecil sehingga mudah dibersihkan. Kekurangan yang muncul ada pada bentuk yang dapat tertekuk atau bengkok (meskipun bisa dikembalikan seperti sesmula), terkadang juga mampu menghasilkan sedikit noise.

Nylon

Pop Filter Samson PS01

Pop filter jenis nylon ini memiliki harga yang rendah, mudah untuk dipasang dan dilepas, dan standar industri rekaman. Namun, jenis ini sulit untuk dibersihkan dan tidak dapat bertahan lama.

Foam Windshield

Rode WS2 Windshield Pop Filter

Memiliki 1 lapisan, mudah dibersihkan dan sangat baik digunakan untuk akustik dan diluar ruangan. Kekurangan dari jenis ini akan membuat high frekuensi lebih dominan dan kurang terlalu efektif untuk menangani suara poping maupun desis.

Jadi, sudah paham dengan fungsi pop filter?

Jangan lupa untuk investasi untuk alat pop filter karena ini merupakan salah satu kebutuhan vital dalam rekaman vokal.