Cara Merekam Vokal Untuk Pemula

Untuk dapat merekam vokal dengan hasil yang profesional kita memerlukan peralatan yang mumpuni dan juga kemampuan dalam mengolah audio vokal yang direkam. Cara merekam vokal di era digital seperti sekarang, dengan wawasan yang luas mengenai home recording, membuat hasil rekaman vokal dapat diolah menjadi sangat apik. Kita hanya mengasah kemampuan kita dalam meningkatkan secara signifikan kualitas yang akan kita kejar.

Cara Merekam Vokal yang Baik Memerlukan Mikrofon yang Sesuai

Memilih mikrofon yang tepat

Kami memiliki artikel mengenai berbagai macam jenis mikrofon yang dapat kita gunakan dalam rekaman. Terutama vokal, sangat penting memilih mikrofon condenser dengan karakter sesuai dengan apa yang kita inginkan. Meskipun alat belum tentu menjamin hasil yang bagus, namun jika kita bisa memiliki alat yang bagus untuk hasil yang lebih kenapa tidak.

Ada 5 Masalah Yang Mengganggu Proses Cara Merekam Vokal

5 hal tersebut patut kita perhatikan pada saat merekam vokal dan bahkan kita hindari karena akan mengganggu hasil akhir pada vokal yang akan kita rekam. Lima hal tersesbut adalah Popping, Sibilance, Proximity Effect, Foot Noise, dan Poor Room Acoustic.

Popping

Popping pada lagu terjadi akibat pengucapan suara ‘B’ dan ‘P’

Yak, untuk masalah ini sudah pernah kita bahas di Artikel sebelumnya tentang Pop Filter. Popping dapat mengganggu hasil vokal pada suara yang dihasilkan dari pengucapan huruf ‘B’ dan ‘P’. Lalu bagaimana cara mengatasinya selain dengan Pop Filter ?. Kita dapat mengatasinya dengan memposisikan mic miring sekitar 15-30 derajat (Off-Axis Angle) dan nberi jarak antar vokal dengan mic hingga sekitar 20-30 cm, sehingga suara popping tidak langsung mengenai diafragma.

Sibilance

Sibilance merupakan efek yang muncul akibat banyak desisan dari huruf ‘S’ dan ‘F’

Suara yang dapat mengganggu dari hasil cara merekam vokal adalah siilance yang dapat disebabkan oleh pengucapan huruf ‘S’ dan ‘F’. Masalah ini akan menyebabkan frekuensi tinggi akan mengganggu dan adanya udara yang menimbulkan noise sehingga suara tidak terdenganr jelas. Untuk dapat mengatasi hal ini selain dengan menggunakan pop filter dan juga mengatur posisi mikrofon dan juga vokal. Kita juga dapat mengatasinya dengan efek “De-esser” pada plugin effect yang kita miliki di DAW untuk memaksimalkan hasil dari cara merekam vokal.

Proximity Effect

Efek menfdengung akan muncul secara umum pada saat merekam vokal

Hal ini sering terjadi pada condenser tipe yang memiliki pola diafragma cardioid pada saat merekam vokal. Proximity Effect merupakan suara yang mengganggu yang akan membuat suara low akan lebih terangkat atau sedikit mendengung. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pop filter ataupun menggunakan condenser dengan pola omnidirectional.

Akustik Ruangan Jelek

Treatment akustik ruang yang baik

Meski kita sudah memaksimalkan cara merekam vokal dengan memperhatikan hal-hal yang dapat mengganggu dan juga sudah memaksimalkan vokal yang diambil. Jika kita memiliki kondisi ruangan yang memiliki pantulan atau suasana akustik yang jelek, maka vokal pun akan tetap menghasilkan kualitas yang kurang. Maka dari itu, sangat diperlukan treatmen akustik ruangan yang baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan treatment menggunakan vocal booth supaya vokal menjadi lebih maksimal.

Noise dari Langkah Kaki

Gunakan shockmount pada saat merekam vokal

Suara yang mengganggu ini kadang dihasilkan karena ada orang yang berjalan disekitar tempat kita merekam vokal dan juga terjadi akubat vokalis sedikit menggerakan kaki atau menapakan kaki ketika merekam vokal. Hal ini akan mengakibatkan sedikit suara yang akan dialirkan dalam bentuk getaran melalui stand miikrofon yang bersentuhan dengan lantai. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan Shock Mount.

Nah akhirnya sudah selesai juga, kita sudah memahami 5 hal yang dapat mengganggu kualitas hasil cara merekam vokal. Setelah artikel ini akan juga dibahas mengenai teknik mikrofon yang dapat meningkatkan kualitas pada saat merekam vokal.